Just another WordPress.com site

Radar Sulteng Kamis, 30 September 2010

*Hari Ini, Giliran Calon Panwas Sigi
PALU-Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslukada) Provinsi Sulteng, akhirnya menggelar kegiatan fit and proper test terhadap calon anggota Panwalukada Kota Palu yang telah memasukan berkas lamarannya ke Panwaslukada Sulteng. Untuk kota Palu sebanyak 8 calon Panwas mengikuti fit and proper test yang dipusatkan di hotel Dwi Mulia, kemarin (29/9).Ketua Panwaslukada Provinsi Sulteng, Ir Kasman Jaya MSi, mengungkapkan pihaknya harus melakukan kegiatan fit and proper test terhadap calon panwas yang akan menggawal Pemilihan Gubernur 2011 dengan lebih awal, karena untuk mengejar waktu yang ada saat ini. Sebab, katanya, jika menunggu pencairan dana dari pemerintah, dikhatirkan target yang telah direncanakan tidak mampu tercapai, termasuk target pengawasan proses tahapan Pemilihan Gubernur tersebut.

“Kami sengaja melakukannya lebih awal karena untuk mengejar target pengawasan. Nantinya kalau manunggu pencairan dana dari pemerintah, kami khawatir tidak bisa melakukannya secara maksimal,” tandasnya.

Menurut Kasman, pada agenda fit and proper test yang pertama kalinya kemarin, diikuti oleh sebanyak 8 calon Panwaslukada kota Palu. Sedangkan yang melakukan fit and proper test adalah tiga orang anggota Panwaslukada Provinsi Sulteng, masing-masing Ir Kasman Jaya MSi (ketua), Andi Sukri Syarir SH MH (anggota) dan Ratna Dewi Pettalolo SH MH (anggota).

Selama melakukan kegiatan fit and proper test, kata Kasman, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan konfirmasi dan penegasan. Di antaranya, kata dia, soal integritas sebagai calon Panwas, kesolidan dan pengetahuan seputar pengawasan terhadap pelaksanaan pemilukada. Tiga hal tersebut menjadi bahasan utama dalam kegiatan fit and proper test tersebut.

“Semuanya kita tanyakan, baik integritas, kesolidan dan pengetahuan yang dimiliki oleh calon panwas juga kita tanyakan,” ulasnya.

Terkait dengan agenda fit and proper test untuk calon panwas pada daerah yang lain, kata Kasman, untuk hari ini (30/9) pihaknya akan melakukan fit and proper test terhadap calon panwa di kabupeten Sigi. Kemudian untuk fit and proper test calon Panwas di Kabupaten Donggala akan dilaksanakan pada Sabtu (1/10) mendatang.

Sedangkan untuk kabupaten lain yang jaraknya relative jauh, kata Kasman, pihaknya masih menunggu pencairan dana dari pemerintah. Sebab, jika jaraknya sudah jauh dari kota Palu, pihak Panwas Sulteng merasa kesulitan dari segi dana transportasi.

“Kalau untuk daerah-daerah yang jaraknya agak jauh, kami memutuskan untuk menunda dulu hingga ada ketersediaan dana dari pemerintah,” tandasnya. (yon)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: