Just another WordPress.com site

Uji Kepatutan Calon Anggota KPU Sigi Tuntas

PALU, MERCUSUAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Selasa (28/9), usai menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 calon anggota KPU Kabupaten Sigi. Proses ini berlangsung di ruang rapat Ketua KPU Sulteng, di Palu.
“Tadi sore, tuntas plaksanaan fit and proper test calon anggota KPU Sigi,” kata Ketua KPU Sulteng DR Ir Adam Malik yang dihubungi melalui telepon genggam tadi malam.
Menurutnya, lima peserta yang diuji di tahap ke dua, yakni Muhtar Mahyuddin, Sofyan Nur, Sri Wahyuni, Steny Marini Pettalolo, dan Usman Suhudin. Masing-masing peserta menjalani proses selama 45-60 menit.
Sebelumnya, tahapan terakhir proses seleksi anggota KPU Sigi ini rencananya hanya digelar sehari, harus digelar hingga Selasa (28/9). Sejak Senin pagi pukul 10.30 Wita, satu per satu peserta seleksi mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dalam bentuk wawancara. Lima peserta yang diuji di tahap pertama ini yakni Anwir, Ashar, Hairil, Mohammad Syarif, dan Moh Fahri. Masing-masing peserta menjalani proses selama 45-60 menit.
Sementara, karena keterbatasan waktu, lima calon lainnya, masing-masing Muhtar Mahyuddin, Sofyan Nur, Sri Wahyuni, Steny Marini Pettalolo, dan Usman Suhudin, akan mengikuti uji kepatutan di hari kedua. “Kepada lima peserta lainnya, fit and propertest-nya akan kita gelar kembali Selasa pukul 10.00 Wita,” kata anggota KPU Sulteng, Patrisia Lamarauna.
Berdasarkan ketentuan dan mekanisme yang berlaku, dalam tahapan wawancara yang dilaksanakan lima anggota KPU Sulteng ini, penilaian terhadap calon anggota KPU Sigi, difokuskan pada kualitas komunikasi dan hubungan masyarakat, kualitas penguasaan materi manajemen penyelenggara Pemilu, sistem politik dan peraturan perundang-undangan bidang politik.
Selain itu, fokus penilaian penting lainnya dalam uji kepatutan dan kelayakan ini, menyangkut integritas diri, komitmen dan motivasi, serta kualitas pengalaman kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi.
“Usai pelaksanaan tahapan uji kepatutan dan kelayakan ini, kami akan menggelar rapat pleno guna menetapkan lima anggota KPU Sigi terpilih. Penetapan itu tentu saja berdasarkan hasil penilaian yang objektif,” ujar Ketua KPU Sulteng, Adam Malik. OTR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: