Just another WordPress.com site

Siaran Pers Yayasan Bonebula

Sabtu, 5 Maret 2010

Bonebula Minta Reklamasi Dihentikan

 

Penimbunan pantai atau biasa di sebut reklamasi pantai, di wilayah pesisir kab donggala semakin tidak bisa di kontrol lagi oleh pihak PEMDA Donggala, selain merusak ekosistem pesisir dan laut juga menganggu pelestarian sumber daya hayati, kerusakan spesies mangrove, terumbu karang, padang lamun, yang memiliki fungsi bagi kehidupan berbagai biota laut di wilayah pesisir dan laut.

Kami dari Yayasan Bonebula sangat prihatin dan mengecam serta mengutuk tindakan PT. Multi Sari Bahari serta perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya yang telah sewenang-wenang melakukan penimbunan pantai yang berada dilokasi desa Loli Saluran, serta lokasi lainnya selain merusak ekosistem, pihak perusahaan juga melakukan pelanggaran tentang undang-undang pengelolaan lingkungan hidup yang tidak memiliki AMDAL ataupun UKL/UPL.

Kami minta ketegasan PEMDA yang sepertinya tak mau ambil pusing terkait kerusakan dan tindakan perusahaan yang begitu gampangnya melakukan reklamasi ke daerah tersebut tanpa ada izin dan rekomendasi yang di keluarkan oleh dinas perikanan dan kelautan serta dinas perhubungan yang melakukan penimbunan pantai. Kami juga meminta untuk segera menghentikan semua aktifitas reklamasi pantai dihentikan.

Kami juga sangat menyangkan sikap PEMDA yang tidak peduli terhadap keberlangsungan masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang rata-rata masyarakat mencari kehidupan sebagai nelayan tradisional  yang  mata pencaharian utamanya adalah dari laut, bukannya memberikan peluang dan kebebasan kepada perusahaan, yang  hanya merusak sumber daya hayati, karena dalam undang-undang  no 27 tahun 2007 tentang Pesisir dan Pulau-pulau kecil  setiap perencanaan, pengelolaan,pemanfaatan hanya untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

 

 

Hormat Kami

Erni Juliani Fauziah

Koord. Dept.  Advokasi dan Pengkajian Pesisir dan Laut

Yayasan Bonebula

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: